Gara-Gara Drama Korea

“Hai guys, lagi ada drakor apa nih yang bagus?”

Itu pertanyaan saya ke teman-teman penggila drama korea (drakor). Saya sih ga penggila, hanya penikmat. ūüôā
Drakor yang saya tonton biasanya hasil rekomendasi dari orang-orang sekitar. Sekarang saya lagi nonton Goblin yang ga kelar-kelar :))

goblin (wikianime.ru)
Source: wikianime.ru

Kenapa ga kelar-kelar? Biasanya efek drakor itu candu, tapi untuk yang satu ini ga berlaku ke saya. Saya nontonnya kalau inget saja jadi walhasil ga kelar-kelar hahaha
Balik lagi, saya nonton drakor berdasarkan rekomendasi orang. Nah, Goblin ini juga direkomendasikan sama hampir seluruh teman saya. Ditambah pula katanya ratingnya yang melebihi Descendants Of The Sun (DOTS).

dots (asia times)
Source: asia times ;¬†Pemain Descendants of The Sun cakep kan makanya betah nontonnya ūüėÄ

DOTS termasuk drakor yang saya nonton, bagus sih tapi didukung sama pemainnya yang kece badai juga saya rasa makanya heits abees :p Nah, makanya saya penasaran sama Goblin ceritanya kayak apa, kenapa ratingnya bisa lebih bagus dari DOTS.
Eh, ternyata…. B aja saudara-saudara menurut saya.

‚ÄúB = biasa aja!‚ÄĚ

Kurang greget gimanaaaa gitu ceritanya. Pemainnya toh ga ganteng-ganteng dan cantik-cantik banget (at least menurut saya). Duh, habis ini saya bisa ditimpukin sama para fansnya nih. Ampun ampun, tapi intinya Goblin biasa aja. Sampai tulisan ini diposting, saya belum selesai nontonnya dan stuck di episode 6 apa 7 ya? Tuh saya aja sampai lupa :))

Tapi ada satu drakor yang paling berkesan buat saya sampai sekarang. Judulnya “Gentlemen‚Äôs Dignity”. ¬†Ada yang tau?

Gentlemen dignity (dramafever)
Source: drama fever

Ceritanya tentang para ahjussi alias om-om dengan usia kepala 4 yang latar belakangnya beda-beda. Mereka se-geng dan masih jomblo kecuali satu orang yang udah married sama tante-tante yang umurnya beda jauh tapi kaya raya. Tapi pas mereka keluar ngumpul bareng, cincinnya selalu disembunyiin dan dia selalu gatel sama cewek lain. Mereka berempat punya karakter masing-masing dan tingkah mereka yang lucu serta kisah romance yang ga lebay bikin candu banget nontonnya sampai ga bisa lepas dari laptop waktu itu.

Gentlemen dignity (Viki)
Source: Viki; Ada yang udah pernah nonton ini?

Gara-gara drakor saya jadi suka begadang
Gara-gara drakor pola tidur saya jadi berantakan
Gara-gara drakor saya suka halu
Gara-gara drakor saya jadi pengen ke Korea hehe

Akibat nonton drakor, rasanya pengen travelling ke Korea Selatan deh. Saya tuh tipe orang yang ribet soal makanan, bisa dibilang picky gitu lah, kalau travelling kekhawatiran pertama pasti soal makanan. Apalagi Korea Selatan juga negara yang minoritas muslimnya. Sekarang ternyata ada loh travel-travel yang nawarin paket wisata halal ke berbagai negara. Saya taunya waktu ke pameran travel and tour tahun lalu ada travel yang memberikan paket wisata halal ke negara-negara yang minoritas muslim. Sekarang saya lagi kepo-kepo sama travel Cheria halal holiday tour nih. Salah satu travel yang juga mengusung wisata halal ke berbagai macam negara seperti ke Jepang, Hongkong, Australia, Beijing, Spanyol, Alaska, Turki, Uzbekistan, dan Eropa.

Mengusung tagline ‚ÄúCheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia‚ÄĚ wah buat saya tertarik. Pertama kali saya buka websitenya, lihat paket tour ke Korea Selatan dan nemu ini!

cheria korea

Jadi sebenarnya banyak pilihan tempat wisata bila ingin bertandang ke Korea Selatan. Kalau yang didrakor paling sering disebut-sebut sih Namsan Tower ya hehehe yah namanya juga ikon, kayak Monas di Jakarta lah ūüėÄ

Bagi kamu yang bukan penggemar drakor, ingin jalan-jalan ke Korea Selatan tapi masih buta tentang Korea Selatan, di website Cheria Tour kamu bisa dapat insight kira-kira mau menjelajah bagian mana saja. Jadi tinggal kamu sesuaikan dengan rencana trip kamu. Mau yang temanya bareng keluarga, teman, atau sama pasangan juga ada. Jika kamu sama keluarga dan ingin wisata islami, kamu bisa napak tilas keberadaan agama Islam di Korea Selatan sekaligus melihat masjid pertama di Korea Selatan. Boleh juga berkeliling menikmati di Busan menggunakan Busan City Tour. Apabila sama teman, mungkin tournya akan berbeda lagi, yah namanya anak muda pengennya yang happening kan biar kalau update di socmed banyak yang komen *eh

Yang anak muda banget di Korea Selatan ada Vivaldi Park. Tempat ini adalah surga bagi pecinta ski. Letak Vivaldi Park tidak terlalu jauh dari Seoul hanya butuh waktu sekitar 1 jam dari Seoul dengan kendaraan pribadi.

vivaldi park
Source: youtube ; Vivaldi Park, surga pecinta ski di Korea Selatan. Pastikan kalau ke sini pas musim dingin ya ūüėÄ

Ataaauu kalau sama pasangan, kamu perlu banget ke Jeju Island! Pulau ini katanya sih kayak Bali atau Hawai-nya Korea gitu dan jadi salah satu tujuan wisata honeymoon paling top di dunia. Dijuluki ‚ÄėIsland of the Gods‚Äô, panorama alamnya bagus dan bervariasi mulai dari gunung, tebing, pantai, air terjun, padang rumput sampai padang bunga liar. Yakin kamu ga mau lihat langsung salah satu kejaiban alam bersi terbaru warisan dunia UNESCO yang satu ini?

Coba bayangin kamu ke sana sama pasangan, eiitsss romantis banget yaaa

Tapi pasangannya udah ada kan? :p

Liburan bareng pasangan lainnya yang bagus juga ke Thailand. Kakak saya baru dari Pattaya dan foto-foto pantainya bagus banget bikin mupeng. Kalau liat pantainya biruuuu banget, rasanya pengen langsung nyebur. Thailand dan Korea Selatan sebelas dua belas nih kalau soal makanan. Wisatawan muslim kudu hati-hati untuk milihnya. Ga mau kan 4 hari 3 malam makannya Tom Yam terus-terusan? ūüėÄ

Sebenarnya kalau ada uang lebih (dan harus belajar nabung dan menyimpan uang) lebih enak wisata menggunakan travel. Ittinerary jelas, dipandu guide yang memang paham daerah wisatanya, dan soal makanan tentunya lebih aman karena ada paket wisata halal untuk ke negara-negara minoritas muslim seperti yang Cheria halal holiday tour miliki ini.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat langsung Paket Tour Wisata Halal Korea Selatan dan Paket Tour Wisata Halal Bangkok serta paket-paket wisata lainnya yang diusung oleh Cheria Wisata Tour. Prinsip saya yang penting tau dan bidik aja dulu, masalah perginya saat liburan lebaran, liburan akhir tahun yaaa kita lihat saja nanti hahaha


LombaMenulisArtikelCheriaWisata

Jalan-Jalan ke RPTRA Teratai

Jalan-Jalan ke RPTRA Teratai

Jalan-jalan ke RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) kali ini dikarenakan untuk menepati janji ke ponakan saya. Sekarang saya mau cerita sedikit mengenai RPTRA Teratai yang baru saja saya kunjungi.

Letak RPTRA Teratai ini di Tebet Timur persis di depan Sekolah Muhammadiyah. Lokasinya strategis juga karena bersebelahan dengan Taman Honda dan Taman Jalur. Jadi bisa dibayangkan daerah situ tuh asri dan adem banget. Kalau saya ga salah, di Tebet itu ada 2 taman untuk lari dan 2 RPTRA yang lokasinya berdekatan.

Kedua taman yang saya maksud yaitu Taman Honda dan Taman Jalur. Keduanya taman tetapi peruntukkannya berbeda menurut saya. Jika kamu tipe atlet yang memang ingin berolahraga dan berlari sesuai target, maka kamu cocok ke Taman Jalur. Kondisi track larinya memang panjang dan bebas dari anak-anak berlari atau gangguan lainnya. Satu putaran di Taman Jalur kurang lebih sebanding dengan 1.5 km. Sepanjang track lari, kanan kiri kamu pohon-pohon rindang. Lebih privat, recommended buat sayaūüĎć

Nah, kalau kamu tipe ibu-ibu bawa anak beserta keluarga cocoknya ke taman Honda. Tiap weekend ada aerobik bareng di sana. Track lari tetap ada, tetapi lari kamu pasti banyak tersendatnya karena banyak yang duduk-duduk di sana. Ada lapangannya juga biasa dibuat main badminton. Banyak anak kecil juga karena di sana ada mainan anak seperti perosotan dan permainan menaiki tangga-tangga.

Di Tebet ada juga 2 RPTRA. Satu bernama Teratai (yang saya kunjungi) satu lagi kalau saya tidak salah bernama Anggrek. Setelah mengunjungi RPTRA, saya rekomendasikan untuk membawa anak-anak ke RPTRA saja. Begini gambarannya, RPTRA Teratai terdiri dari lapangan, beberapa permainan seperti perosotan, ayunan, dan jungkat-jungkit.

Ayunan dan perosotan
Anak SD Muhammadiyah bermain ayunan
Jungkat-jungkit
Lapangan bola

Untuk ibu-ibu atau para tante (seperti saya) dan pengantar juga ada tempat untuk duduk-duduknya.

Di sisi lain, ada aula yang terdapat meja pingpong serta biasa digunakan untuk latihan bagi kelompok karate.

Aula serbaguna
Jadwal pemakaian aula dan lapangan

Tempat sampah tersedia di berbagai sudut sehingga kebersihan terjaga. Saya baru liat ada pengklasifikasian sampah selain organik dan non-organik di sini.

Tempat sampah organik, non-organik, dan B3

Fasilitas lain ternyata ada perpustakaannya juga loh! Koleksinya buku khusus anak-anak dan juga pengetahuan umum untuk anak kisaran SD.

Perpustakaan anak
Jadwal kunjungan perpustakaan

Ohya, Hari Sabtu dan Minggu di RPTRA Teratai ternyata ada kegiatan mewarnai untuk anak-anak dari jam 10-12 siang.

Ada ruangan khusus menyusui
Kalau lapar atau haus silakan mampir ke marketnya
Tempat jalan bebatuan untuk refleksi

Secara keseluruhan, konsepnya RPTRA menyenangkan dan cocok untuk jalan-jalan sore bagi anak agar mereka juga dapat bersosialisasi. Berhubung taman bermain sudah sulit, bayangkan saja sekarang anak-anak yang ingin berolahraga saja harus membayar (ke tempat gelanggang atau sewa lapangan futsal/badminton indoor yang ada tarif per-jam). Kondisi Jakarta sekarang sangat jauh berbeda dengan dahulu, dengan adanya RPTRA ini menjadi salah satu hiburan anak dan solusi agar anak-anak tidak terjebak di rumah dengan gawai masing-masing. 

Ga cuma anak-anak aja yang senang, saya juga senang karena udaranya sejuk dan bersih. Menyenangkan sekali jalan-jalan ke RPTRA, cuma satu yang kurang mengenakkan. Saya selalu dipanggil ibu dan disangka bawa anak ke sana. Huft ūüėĎ

Selebgram Wannabe

Selebgram Wannabe

Semenjak istilah selebgram muncul, sempat terbersit keinginan ingin menjadi seperti itu. Punya followers banyak, di-endorse sana-sini, tinggal foto, kasih caption unyu-unyu, upload, trus dapet duit deh! *halu

Kenyataannya mah…. Followers juga ga seberapa, di-endorse¬†pun belum pernah. #naas

Koleksi lipstik Wardah Exclusive Matte Lip Cream dan Lt pro Long Lasting Matte Lip Cream 

 

Eh tapi saya ga berhenti sampai di situ saja. Sebelum ada brand yang endorse, saya paksa¬†minta kakak saya untuk mau endorse saya. Kebetulan dia punya counter lipstik¬† koleksi lipstik yang saya juga ga tau jumlah pastinya berapa, yang jelas banyak… Banyaaak!

Waktu main ke rumah yang dia bawa selusin kayak foto di atas. Itu baru yang dibawa, ga tau deh di rumahnya berapa. Ga shangghup ngebayanginnyaūüôą

Liat lipstik selusin gini saya jadi ‘gatel’ mau nyoba. Sambil bergaya ala-ala selebgram yang di-endorse ceritanya. Ohya, dari 12 lipstik semua berjenis matte kecuali NYX yang paling pojok kanan. Pertama kali saya tertarik buat nyoba merk Lt Pro. Katanya sih Lt Pro ini masih saudara sama La Tulipe. Hasilnya saya ga mau banyak omong, nilai sendiri aja ya..

 

Hasil Lt Pro Long Lasting Matte Cream  

Maafkan saya ya kalo hasilnya tidak sesuai ekspektasi. Pertama, modelnya ala kadar yang ga bisa bergaya dan kedua kualitas kamera seadanya. Anyway, Lt Pro ini ga bikin bibir kering. Awal-awal memang basah tapi setelah itu warnanya akan nge-blend di bibir. Uniknya, warnanya setelah beberapa lama akan berubah.

Contohnya untuk nomor 10, warna aslinya merah maroon. Persis seperti yang dipake ibu mertua yang galak di sinetron. Alhasil pake warna itu muka saya jadi super antagonis. Tapi lama-kelamaan warnanya agak santai kok di bibir. Ohya, hasil di bibir saya belum tentu sama dengan yang lain ya. Overall, saya suka warna nomor 10 yang jadinya bagus dan ga eyecatching di bibir saya.

Lipstik Wardah Long Lasting dan Exclusive Matte Lip Cream

Next, rangkaian lipstik lainnya adalah Wardah, Inspiring Beauty. Rata-rata lipstik ini berwarna nude. Yaahh namanya juga di-endorse pinjam ya kan, warnanya banyak yang nude untuk series Wardah ini. Hanya beberapa warna lipstik yang tidak nude. Dua dari kiri dua-duanya berwarna nude jadi saya tidak mencobanya lagi.

Untuk tiga lipstik dari kanan yaitu series Wardah Exclusive Matte Lip Cream, paling kiri warnanya nude, yang tengah pink, dan kanan agak orange. Nah, saya coba yang warna pink dan hasilnya saya merasa seperti Nicky Minaj ūüė¶ Gagal abis di bibir saya. Yang paling bagus dan normal itu warna orange yang paling pojok dan memang yang menjadi favorit. Ini dia hasil-hasilnya:

Hasil Lipstik Wardah Exclusive Matte Lip Cream

Pelajaran yang dapat saya petik kali ini adalah ternyata tidak mudah untuk menjadi seorang selebgram. Untuk membuat foto yang bagus dan instagram-able butuh usaha ekstra mulai dari modelnya yang oke, lighting yang baik serta kamera yang mumpuni agar hasilnya kece.

Ohya, saya ada sedikit cerita mengenai lipstik ini dan sekalian saya mau tanya pendapat teman-teman. Awal mula saya mengetahui lipstik Lt Pro ini dari teman. Kami bertiga akhirnya kembaran menggunakan Lt Pro yang berwarna pink (nomor 5). Karena jarang memakai make up, pertama kali rasanya lihat bibir kok terang banget dan sempat ga pede. Teman saya malah mendukung dan bilang bagus di bibir saya. Jadi bikin pede kan (mudah-mudahan dia ga palsu ngomong itu). Setelah kembaran dengan warna lipstik yang sama, akhirnya kami lanjutkan perjalanan naik angkot. Rasanya saya kayak jadi ondel-ondel karena pakai lipstik terang kayak gitu padahal ujung-ujungnya cuma naik angkot.

Pas naik angkot, duduk di sebelah saya seorang bapak dan seorang ibu di hadapannya. Posisi saya di dekat pojok kanan terpisah dengan teman saya yang di pojok kiri dekat pintu. Setelah beberapa saat perjalanan dan mungkin setelah memperhatikan ondel-ondel ini mereka bercakap-cakap kurang-lebih seperti ini: (I: ibu dan B: bapak)

I: Eh, cewek itu ga boleh pake make up kan ya? Apa tuh bunyi hadistnya?

B: Iya, ada emang hadistnya.

I: Tapi kalo sipat mata itu boleh kan dipake di zaman Rasulullah. Kalo yang lain ga boleh. Waktu itu denger di kajian bla bla bla bla

Dan saya udah ga fokus lagi denger pembicaraan mereka karena kebetulan udah mau turun. Baru kali itu nyobain pake lipstik menor terang di publik, eh denger omongan itu. Rasanya kayak langsung ditegur sama Allah aja gitu jangan genit lo kata-Nya haha. Bersamaan dengan kejadian itu pula sepertinya saya mengurungkan niat menjadi selebgram. :p

Wassalam *langsung sok syariah

Jatuh? Di-Bodrexin ajah!

‚ÄčHei kamu, iya kamu, yang lagi baca tulisan ini, apakah kamu seorang pengendara motor? Kalau iya, hati-hati ya.

Banyak yang bilang naik motor mirip dengan naik sepeda, kalau sudah bisa naik sepeda, naik motor mah gampil. Apalagi sekarang sudah ada motor matic yang notabene gas-rem-gas-rem aja. Ga heran sekarang bocah-bocah berseragam itu udah pada naik motor tanpa helm, cengtri, dan nyempil di antara mobil-mobil.

Pengendara motor sekarang sudah menjamur banget, bahkan sampai anak SD pun ke minimarket depan gang aja bawa motor. Parahnya lagi, si bocah SD ini udah boncengin ibunya! Wah, saya kalau liat yang seperti ini rasanya langsung mau marah-marahin ibunya yang tidak mengajarkan kedisiplinan dari kecil. Bocah-bocah yang bawa motor itu pasti belum punya SIM. Yaiyalah, KTP juga belom.

Entah ya apa memang sekarang zamannya sudah berubah, padahal zaman 2000an awal, bawa handphone aja udah wah banget. Apalagi naik motor. 

Jadi pantes aja kan kalo liat pengendara motor yang ugal-ugalan, saya jadi langsung inget sama bocah SD itu tadi. Mungkin mereka yang bawa motor di jalan ga pake adab, ya hasil produk dari ketidakdisiplinan orangtua mereka.

Buktinya ada dari penelitian Korps Lalu-Lintas POLRI yang mengatakan bahwa angka kecelakaan tertinggi berada pada pengendara yang berada di tingkat Sekolah Lanjutan Atas dengan persentase 57%. Angka terbanyak kedua adalah yang lulusan sekolah lanjutan pertama (SLTP), 17 persen. Kemudian disusul lulusan sekolah dasar (SD) sebanyak 12 persen. Terakhir lulusan perguruan tinggi (PT) 6 persen.

Faktanya lagi, angka kecelakaan di Jakarta cenderung meningkat di tahun 2016 ini. Kebetulan sekali salah satu dari orang tersebut adalah teman saya. Di suatu pagi dapat kabar bahwa teman saya jatuh dari motornya. Badannya lecet-lecet, tapi sepintas dilihat dia seperti orang yang baik-baik saja walau mukanya meringis. Namun, apabila diperhatikan ternyata badan dan tangan dia lecet-lecet. Fokus saya saat itu adalah pada kelingkingnya.

Bukan karena ngetrill, bukan bukan. Kelingking dia sebetulnya lecet tapi terbalur debu putih kemerah-merahan. Langsung saja saya tanya, begini kurang lebih percakapan saya dengan dia:

(S: saya ; D: dia)

S: Eh, tangan lo kenapa? Itu putih2 apaan?

D: Ini bekas jatuh, gue kasih Bodrexin diancurin.

S: Hah?? Bodrexin? Ga salah tuh?

D: Enggak, kan ada kandungan paracetamol buat penghilang rasa nyeri jadi gue alusin trus gue masukin ke plastik. 

S: Ohya?

D: Iya. Gue tau info ini dari tukang-tukang tau. Katanya kalau jatuh, dibalurin Bodrexin aja. Barang bagus nih, mau ga lo?

Maaf, identitas harus disamarkan demi kepentingan bersama. Tenang, dia bukan bandar beneran kok..

Buat saya ini hal baru dan unik. Kamu punya pengobatan andalan yang beda dari yang lain seperti cerita saya di atas?
Source: 

1. wartakota.tribunnews.com/2016/08/10/di-tahun-2016-angka-kecelakaan-di-jakarta-meningkat

2. http://www.gaikindo.or.id/survei-menunjukkan-57-korban-kecelakaan-lalu-lintas-berpendidikan-sla/

Mantan (Calon) Guru

Mantan (Calon) Guru

Seharian ini liat timeline socmed mulai dari path sampai instagram isinya ucapan untuk Hari Guru, acara menyambut Hari Guru, maupun cerita teman-teman di sekolah yang dapat surprise dari murid-muridnya.

Maklum, sarjana pendidikan, jadi saya punya cukup banyak teman yang berprofesi sebagai guru. Ada yang guru-guru muda senam poco-poco lah, ada yang dikasih bunga dan coklat dari murid-muridnya, ada juga teman saya yang rindu dengan dunia sekolah dan ingin mengajar lagi.

Aah.. Memang saya akui di sekolah itu menyenangkan. Selalu ada cerita baru dan selalu ada pembelajaran baru dari sekeliling kita. Yang dikangeni itu ya pasti anak-anak. Yang menyebalkan itu ya rekan kerja (re: guru-gurunya). Haha. Seriously, tanya aja sama teman kamu yang profesinya guru.

Walaupun hanya merasakan beberapa bulan berada di situasi lingkungan kerja seperti itu, tetap saja anak-anak itu ngangenin. Sebandel-bandelnya anak, yang dulu pernah saya pegang mereka tetap hormat dan ga kurang ajar. Dulu saya pernah pegang kelas 3 SMK.

Mengajar anak yang tingkatannya lebih tinggi lebih mudah daripada yang tingkatannya rendah. Jika dibandingkan SD, SMP, atau SMA/SMK saya akan memilih SMA/SMK. Nah, waktu itu kebetulan saya ga memilih tapi sudah ditentukan untuk mengajar kelas 3 SMK.

Mereka bandel, tapi tetap hormat sama guru. Sewaktu mengajar dulu, kebetulan teman saya ditempatkan di SMA (kami satu yayasan). Saat bertemu, kami suka bertukar cerita sampai saya mendapatkan kesimpulan sendiri:

Anak SMK: bandel, berandal, tapi hormat dengan guru
Anak SMA: gaya selangit, ga mau denger omongan guru, terkesan nyolot.

Entah ya, apa mungkin sekolah saya dulu adalah swasta sehingga mereka menganggap memiliki uang dan uang mereka dipakai untuk menggaji kami, para guru. Apapun itu, saya paling tidak suka melihat anak yang sudah kurang ajar pada guru. Bandel boleh, asal tau etika, tata krama, dan tidak melanggar norma.
Harapan dan doa ini yang selalu dikumandangkan oleh penggiat nasib para guru, yaitu semoga kesejahteraan dan derajat guru bisa lebih baik lagi.

Selamat Hari Guru dan selamat gajian!

img_20161125_223136
Dari sekian banyak postingan, saya suka sama ini. Source: Path Icha Khoirunnisa

Mencari Kemapanan Finansial

Mencari Kemapanan Finansial

Pengalaman memberikan kita pembelajaran mengenai kehidupan. Ada yang berasal dari pengalaman pribadi, adapula yang berasal dari pengalaman orang lain. Logikanya adalah kita tidak perlu minum arak toh untuk membuktikan kalo arak itu memabukkan? Semua sudah mengetahuinya berdasarkan fakta dari pengalaman orang lain.

Dikarenakan pentingnya pengalaman, saya ingin berbagi pengalaman melalui tulisan ini.

“Sehat sebelum sakit

Muda sebelum tua

Kaya sebelum miskin

Lapang sebelum sempit

Hidup sebelum mati”

Raihan – Demi Masa

Sehat itu nikmat paling indah. Setuju? Percayalah, lebih nyaman tidur di rumah daripada di bangsal rumah sakit.

Kadang kalau belum merasakannya kita belum percaya. Saya sudah merasakan 5 hari rawat inap, duh, dan itu menyiksa. Lalu bagaimana yang berada di rumah sakit selama 3 bulan? 5 bulan? Atau bahkan sampai setahun?

Ini cerita teman saya. Kembali lagi, yang namanya sehat itu memang nikmat paling indah. Semua kehidupan dia (teman saya perempuan) berubah di saat ibunya harus masuk ke rumah sakit. Ibunya divonis menderita kanker paru-paru. Kondisinya dia hanya tinggal bertiga, bersama adik laki-laki dan ibunya (ayahnya bekerja di luar Jakarta dan pulang seminggu sekali).

Segalanya berubah ketika ibunya masuk rumah sakit, sungguh. Sebagai anak pertama ia dituntut untuk mengurus dirinya sendiri, adik laki-laki, serta ibunya di rumah sakit. Ohya, tambahannya urusan rumah pun menjadi tanggung jawabnya.

Berurusan dengan rumah sakit tentu membutuhkan kesabaran dan tenaga ekstra. Teman saya setiap hari harus berjaga di rumah sakit, menebus obat, dan juga berurusan dengan segala perintilan administratif rumah sakit. Selain dengan obat, penyembuhan ibunya mewajibkan untuk melakukan kemoterapi. Selama beberapa bulan, ia harus bergelut dengan kehidupan rumah-kampus-rumah sakit-rumah-kampus-rumah sakit dan begitu seterusnya.

Untungnya, seluruh pembiayaan rumah sakit ditanggung oleh Askes (dulu nama BPJS Kesehatan adalah Askes). Bayangkan jika dia tidak pakai Askes, dalam waktu satu bulan ia bisa mengeluarkan biaya sekitar 150 juta untuk kemoterapi saja. Pada saat itu hanya biaya obat yang tidak ditanggung, selebihnya biaya kamar dan kemoterapi semuanya ditanggung oleh Askes hingga akhir hayat ibunya.

Pada akhirnya, ternyata merencanakan keuangan saja tidak cukup. Saya rasa para pembaca juga sudah paham akan manfaat memiliki asuransi. Saya tidak akan membahas hal tersebut, namun saya pernah membaca sebuah artikel bahwa untuk mencapai kemapanan dalam finansial selain berinvestasi dan menyiapkan biaya pensiun, seseorang juga diharapkan memiliki asuransi. Karena kapan musibah datang tidak ada yang tau kan?

Seminar “Yuk, Atur Uangmu”
Beberapa waktu yang lalu, saya¬†mengikuti¬†sebuah seminar perencanaan keuangan¬†‚ÄĚYuk, Atur Uangmu‚Ä̬†yang dibuat oleh Sinar Mas MSIG Life. Acara tersebut menghadirkan perencana keuangan, Mike Rini Sutikno.

img20161015103717
Mike Rini Sutikno, CFP | Financial Planner & Founder Mitra Rencana Edukasi

Menurut Bu Mike, ternyata hidup kita masuk dalam kategori mandiri secara finansial apabila seseorang sudah memiliki 3 hal yaitu tabungan, investasi, dan asuransi.

  1. Tabungan

Ternyata bagi sebagian orang, menabung adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Setiap akhir bulan tidak ada sisa yang uang untuk ditabung. Nah, ini yang salah. Setelah mendapatkan penghasilan, sebaiknya langsung pisahkan sebagian untuk ditabung. Jika tidak, percayalah tidak akan ada sisanya karena keinginan dan hasrat untuk menghabiskan uang akan selalu ada. Saya coba berikan tips untuk mengatur keuangan yang saya tau ya. Buatlah perbandingan 40: 30: 30 setiap menerima pendapatan. Maksudnya adalah 40% untuk kebutuhan wajib per bulan, 20 – 30% untuk tabungan, dan 30 – 40% untuk investasi (termasuk cicilan). Usahakan tiap-tiap pos tidak melebihi perbandingan yang sudah ditentukan. Sudah sesuai belum dengan perencanaan keuangan kamu selama ini?

  1. Investasi

Memiliki banyak uang yang hanya diendapkan di bank juga kurang baik. Investasi juga diperlukan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Pertama-tama, kamu harus tau terlebih dahulu apa tujuan kamu berinvestasi. Jika ingin membuat produk investasi seperti reksadana pun kamu akan ditanya mengenai tujuan berinvestasi, apakah untuk jangka pendek, menengah, atau jangka panjang. Berinvestasi, artinya kamu juga harus siap dengan segala resiko yang ada.

    3. Asuransi

Nah, memiliki asuransi sama pentingnya dengan menjaga diri. Sayangnya, menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Indonesia pengguna produk asuransi baru mencapai 11,81% saja. Saya akui memang kesadaran untuk melindungi diri dan keluarga dengan menggunakan asuransi masih terbilang kurang di Indonesia. Rata-rata asuransi yang dimiliki bukan atas kesadaran pribadi tetapi asuransi yang memang disediakan oleh tempat dimana mereka bekerja. Karena kesadaran yang masih rendah itulah, pemerintah menetapkan tanggal 11 November kemarin sebagai Hari Asuransi atau Insurance Day dengan tujuan menaikkan pengguna asuransi.

Menariknya di acara YukAturUangmu ini, ada sebuah permainan yang saya baru ketahui dan akan sangat bermanfaat jika diterapkan di lingkungan sekolah. Permainan ini bernama Smart Board Games.

img20161015113515
Smart Board Games. Mirip-mirip Monopoli.

Sekilas memang mirip dengan permainan Monopoli, namun permainan ini mengajarkan pemain untuk mengatur keuangannya dan belajar untuk berani berinvestasi. Di awal permainan, para pemain diberikan modal dengan jumlah yang sama. Saat bermain, pemain bisa saja terkena ‚Äėmusibah‚Äô, ‚ÄėPHK‚Äô, maupun ‚Äėgajian‚Äô. Di tengah permainan juga ada ‚Äėberita‚Äô yang berisi penawaran-penawaran untuk membuka sebuah usaha.

Permainan ini jelas membutuhkan strategi karena banyak tawaran yang masuk seperti berwirausaha, atau informasi jual beli properti. Di akhir permainan, akan dihitung siapa yang memiliki hutang terbanyak maupun jumlah kekayaan terbanyak (baik itu berupa uang atau berbentuk investasi). Permainan ini cocok sekali dimainkan untuk pelajaran Ekonomi.

img20161015113536
Pemain juga diberikan lembaran yang berisi laporan harta kekayaan selama permaianan

Ohya, di sana saya juga banyak bertemu teman-teman baru dari komunitas Warung Blogger.

img-20161015-wa0002
Warung Blogger, rame!

Thank you Bu Mike and team, thank you Warung blogger, thank you Sinarmas Mas MSIG Life!

webannerr-blogger

Arisan dan Manisan Mangga

Sesungguhnya saya menganggap arisan itu hanya milik ibu-ibu. Tapi ternyata saya benar. Hahahaha

img-20161106-wa0010
Tampang kami udah kayak ibu-ibu belum?

Saya sih belum jadi ibu-ibu, tapi beberapa dari mereka udah jadi ibu-ibu. Kalau saya sih baru jadi ibu-ibunya di TK ponakan saya aja.

Arisan yang satu ini isinya sih kurang lebih sama kayak arisan ibu-ibu pada umumnya. Kita makan-makan dan yang pastinya ngerumpi diskusi yang berbobot. Bedanya, kami arisannya ga sebulan sekali tapi lebih fleksibel sesuai sama agenda tiap-tiap peserta. Kami percaya bahwa semakin banyak peserta yang hadir ngerumpi diskusi yang kami peroleh akan semakin luas.

Tiap kali arisan tentu menunya beda-beda tiap rumah. Diam-diam saya memperhatikan masakan yang dihidangkan. Saya sih jarang muji di depan orangnya secara gamblang, tapi indikasinya kalo saya nambah terus berarti itu enak! :p

Di arisan kemarin, saya jatuh cinta sama¬†manisan mangga¬†ūüė欆ūüėć

First of all, saya memang penyuka buah mangga. Sewaktu dihidangkan itu mangga, saya paling sigap ngambilnya. (maafkan kelakuan saya ya teman-teman)

Awalnya saya pikir itu hanya buah mangga biasa, tapi pas saya liat kok berair? Dan disitulah saya baru tau itu adalah manisan mangga.

Jadi biasanya mangga yang kurang manis suka dibuat manisan biar bisa dimakan. Karena suka, saya langsung tanya dong resepnya. Ternyata mangga itu direndam di air yang sudah dilarutkan sama gula dan garam. Udah itu doang? Iya itu doang! Wah, gampang nih *dalem hati* #sombong #padahalbelomnyoba

Ohya, manisan mangga ini lebih enak jika disajikan dingin. Tapi saya sih ga dingin juga hajar aja,¬†wong¬†kemarin ¬†yang ngabisin manisannya juga saya. ūüôą

Daaaannnn saya udah ga sabar hidangan apalagi yang akan saya temukan di rumah masing-masing nanti. Satu lagi sih, ga sabar sama jalan-jalannya :p

Fyi, kami pernah jalan-jalan bareng (dalam rangka penutupan arisan) dan sudah saya tulis di postingan sebelum ini di Traveler or¬†Backpacker (part 2). Sila mampir-mampir ūüôā

img_8611