[FAQ] Pertanyaan yang Sering Mampir ke Orang Keturunan Arab

Udah ga asing kan kalo sering denger Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak suku. Ya mulai dari suku yang ada di pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, NTB, Ambon, dan sampai ke Irian. You name it. Setiap suku juga punya kekhasan masing-masing mulai dari bahasa daerah, kebiasaan dan adat istiadat, serta makanan daerahnya. Di Indonesia, ga cuma ada suku lokal aja tapi ada juga yang keturunan luar alias blasteran. Negaranya macem-macem mulai dari China, Arab, India, Pakistan, dll.

Sebagai salah satu peranakan Arab yang mukanya langsung bisa dibedain, gue sering menemui pertanyaan-pertanyaan yang menurut gue aneh bin ajaib. Pertanyaannya rata-rata seputar kehidupan orang Arab di Indonesia. Gue iseng merangkum beberapa pertanyaan yang sering ditanyain ke gue (mungkin lo pernah bertanya hal serupa atau dapet pertanyaan yang sama) dan gue pun coba jawab dengan versi gue. Ini beberapa contoh pertanyaan yang sering mampir:

(T: Tanya ;  J: Jawab)

T: Lo yang Arab siapa? Aba apa umi? Atau Lo manggil ayah sama ibu apa?

J: Jenis pertanyaan paling mudah, namun akan melahirkan pertanyaan yang beranak pinak lainnya.

T: Lo di rumah ngomongnya pake Bahasa Arab ya?

J: Unfortunately, gue ga bisa Bahasa Arab cuma menang tampang doang L Tapi ada juga kok yang diajarin Bahasa Arab sama buyutnya jadi mereka dikit-dikit menggunakan istilah Bahasa Arab di keluarganya.

T: Tiap hari wajib ada menu kambing ya di rumah lo?

J: Hahaha tuh kan, lucu pertanyaannya! Gue ga tau ya kenapa kambing identik sama orang peranakan Arab tapi faktanya ada juga kok peranakan Arab yang ga suka sama kambing. Jadi kalau urusan makanan balik lagi ke selera ya, cuma memang gue akuin kambing jadi menu favorit 😀

T: Emang bener orang arab harus nikah sama orang arab juga? Atau Lo emang boleh sama yang ga Arab? Kan Arab harus sama Arab..

J: Duh, ini nih pertanyaan yang kayaknya wajib banget ditanyain ke orang-orang peranakan Arab. Pertama bikin galau (yaelah) dan kedua lama-lama gue punya template tersendiri buat jawabnya. Kalo di antara lo pernah nanya ini ke gue, biasanya gue akan jawab dengan kalimat template gue: “tergantung keluarganya”. Kenapa gue bilang gitu? Gini ya, untuk masalah ini agak pelik soalnya.

Ngomongin pernikahan lo pasti akan dihadapkan ga cuma dengan dua orang yang berbeda (pasangan itu sendiri maksudnya). Tapi lo juga akan berurusan dengan keluarga mereka masing-masing yang lo ga tau mulutnya kayak apa kalo lagi ngomongin orang. Makanya kalo mau nikah ga cuma lahiriah aja yang mesti disiapin tapi kudu batiniah juga salah satunya kuat-kuatan mental sama omongan orang di luar sana.

Basically, pernikahan dengan peranakan Arab punya tingkatan kewaspadaannya.

co Arab >< ce Arab à AMAN

co Arab >< ce pribumi à WASPADA

co pribumi >< ce Arab à BAHAYA

(sorry gue pake istilah pribumi, I have no idea)

Jangan keburu minder atau takut dulu sama tulisan di atas yang gue bold. Baca sampe akhir, biar gue jelasin satu-satu. Untuk kasus yang pertama ga ada masalah ya, karena sama-sama peranakan Arab jadi semua senang. Kasus kedua, yang keturunan cowoknya tapi ceweknya enggak. Ini masih bisa diterima karena pada dasarnya nanti kalo pasangan itu punya keturunan (anak), nasabnya akan mengikuti si bapak. Otomatis si anak akan punya marga bapaknya dan marga keluarga tersebut tetap terjaga. Kasus ketiga, ini yang biasanya butuh pengorbanan besar. Alasannya balik lagi soal keturunan (anak), kalau pasangan ketiga ini punya anak, anak itu ga akan mewariskan marganya jadi akan putus sampai di ibu saja. Nah, ini alasan dibalik kenapa sih ada beberapa keluarga yang masih keukeuh harus anaknya nyari jodoh yang sesama peranakan Arab. Simpelnya karena mereka mau marganya tetap eksis dan ga terpotong atau hilang.

Tapi kok gue jawaban template nya tadi ‘tergantung keluarganya’? Penjelasan di atas ini adalah alasan yang gue tau buat mereka yang masih memegang teguh kalau anak mereka harus dapat yang sesama peranakan Arab. Ya balik lagi bisa jadi ada orangtua yang mau untuk merelakan itu dan tidak memaksakan kehendaknya sendiri. Jodoh siapa yang tau kan?

T: Lo ga dijodohin? Lo kan orang Arab..

J: Iya gue peranakan Arab tapi gue bukan Siti Nurbaya :p Satukan persepsi dulu deh, yang dimaksud dijodohin tuh kayak gimana? Orangtua lo udah nentuin calon lo dan lo harus terima aja gitu tanpa lo tau orangnya kayak gimana? Wah, gue rasa mungkin zaman dulu masih ada sih jodoh-jodohan kayak gitu, zaman sekarang? I don’t know..

Versi yang sekarang biasanya yang gue tau adalah lo dikenalin sama calon lo ini. Sisanya lo kenalan dan keputusan ada di anaknya deh. Gue rasa ga cuma peranakan Arab aja yang kayak gitu kan?

T: Kenapa sih orang arab bulunya banyak?

J: Keturunan dari sananya sih haha

T: Lo orang arab? Arab mana? Arab Saudi?

J: Menjawab pertanyaan ini kita akan ngomongin soal sejarah sedikit. Dulu memang ada migrasi besar-besaran dari Hadramaut (Yaman) ke Indonesia. Nah para perantau itu akhirnya menetap dan menikah dengan orang pribumi. Hasilnya ya kita-kita orang ini deh 😀

Lagi-lagi ini yang gue tau ya, secara detail gue memang ga terlalu tau tapi secara garis besar kurang lebih kayak gitu.

T: Apa marga lo?

J: Fyi, marga peranakan Arab tuh buaanyaaakkk banget! Lo ga percaya? Liat sendiri deh

marga A
Ada yang pernah lo denger?

marga B

marga B2
Marga yang huruf depannya B lebih banyak dbanding yang lain

marga D-J

 

marga K-S

marga T - Z
source: wikipedia

T: Arab itu kotak-kotakkan ya? Gue liat mereka mainnya sama mereka-mereka lagi juga

J: Ah masa sih? Analoginya adalah misalnya anak rantau dari Medan tinggal di Jakarta. Ketika di Jakarta dia tau ada orang Medan juga rasanya jadi ‘dekat’ kan dan bisa aja obrolan panjang kemana-mana. Kayak gitu aja sih kalo menurut gue, punya banyak kesamaan kecenderungan orang akan saling dekat kan?

T: Ih, lo kan orang Arab, orang Arab pasti jago nih ngajinya. Jadi imam aja ya!

J: Ini nih.. Korelasinya dimana coba? Hahahaha

T: Lo kok belum nikah? Biasanya kan kalo orang Arab nikahnya cepet

J: Kalo ada yang nanya kayak gini siapin senyum termanis aja sambil lo asah golok.

T: Eh, itunya orang Arab gede ya?

J: Shit men, mana gue tau. Gue juga belom pernah liat woy! Zzzzzz -_-

T: Nah, kalo yang di puncak yang suka kawin kontrak lo kenal juga tuh?

J: Menurut ngana?

T: Pernah makan daging onta dong? Rasanya gimana?

J: Gue bahkan ga pernah terbersit untuk nyobain daging onta. Ntar onta makan onta dong? *eh

Dari pengalaman gue selama ini, pertanyaan-pertanyaan di atas yang sering muncul ke gue. Ada yang pernah mampir juga ke elo? Atau mungkin lo yang menanyakan hal itu? Sekali lagi gue tekankan jawaban di atas adalah versi gue ya. Beda orang bisa beda jawaban untuk beberapa pertanyaan. Well, this is just for fun 🙂

NB: Besok-besok kalo ada yang nanya hal serupa gue suruh baca ini aja biar gue ga jelasin ulang panjang lebar hehe

35 thoughts on “[FAQ] Pertanyaan yang Sering Mampir ke Orang Keturunan Arab

  1. Lo kok belum nikah? Biasanya kan kalo orang Arab nikahnya cepet

    J: Kalo ada yang nanya kayak gini siapin senyum termanis aja sambil lo asah golok

    Hahahahaha….. Seperti nye pertanyaan itu buat semua golongan deh.. gak cuma buat keturunan arab.. Hahaha

    Like

  2. Keturunan Arab, Pakistan atau India, dll hidungnya sama2 mancung, ciri2nya jg bnyk yg sama,
    cara bedainnya gmn tuh??
    Apa emang udah ngenalin secara otomatis?? (Masing2 udah punya radarnya ;p)

    Like

  3. halo kak, kalo ada yang bilang gini-misal “bachmid itu lebih tinggi dari marga ini itu?”, itu kita taunya darimana ya kak..

    Like

    1. Kayaknya mesti banyak-banyak gaul sama orang keturunan arab deh haha aku belum nemuin ada literatur khusus soal itu sih hehe😁

      Like

  4. Assalamu’alaikum.
    Seberapa ketatnya sih aturan pernikahan dengan laki2 non arab? Kalaupun dibolehkan, apa ada syarat tertentu bagi laki2 tsb?

    Like

    1. Waalaikum salam
      Pertanyaan ini balik lagi ke keluarga ceweknya ya.. Kalo standar pasti sih kayaknya ga ada, jadi coba kamu rundingin sama pasangan. Intinya sih klo jodoh ga kemana😊

      Like

    2. Ka klo ada yg nnyaa misalkan marganya tuh alatass “ka alatas mana” nah kita jawab nya apatuh kak😂

      Like

      1. Alatas Condet :p
        Biasanya marga dibarengi sama asal daerah dia. Ada bbrp marga yang sudah banyak bermukim di suatu daerah nah disebutlah demikian. Misal
        X: ‘Marga lo apa?’
        Y: ‘ZZZ’
        X: ‘ZZZ mana?’
        Y: ‘ZZZ Pekalongan’

        Like

  5. Ya persis sih kayak gitu rata2 pertanyaannya,cuman kalau sy sring di becandain sama sohib2,katanya korma lo di arab udah panen blom? Lo punya brapa hektar tanah di arab🙄🙄

    Like

  6. Ulasan yang menarik kak ..
    Ya Alhamdulillah.. kebetulan Abah Saya keturunan Arab sedangkan ibu saya adalah orang non keturunan Arab .. dan Alhamdulillah rumah tangga Abah dan ibu saya sampai sekarang masih langgeng..

    Like

    1. Alhamdulillah.. Semoga sehat terus buat abah sm ibu dan jodoh terus sampai akhir hayat🥰
      Kakanya dibatesin gak jodohnya? #eh 🤭

      Like

      1. Kalau soal jodoh ku dibatasi atau tidak.. sejauh ini belum dibatasi.. hehehehe.. kalau menurut ibu ku, yang penting satu akidah saja

        Kalau sama Abah ku.. aku jarang berbicara hal ini, hehehehe.. tapi jujur, kalau aku belum ada kepikiran memikirkan jodoh kak.. hehe

        Like

Leave a comment